Peluang Usaha di Bidang Teknologi Informasi
1. Pencarian
peluang usaha
A. Kepribadian
masing-masing kelompok :
·
Ardian Fikri
Merupakan
seseorang yang optimistis dengan segala keadaan, mampu mengatasi kesulitan
dengan caranya sendiri, dan juga dapat bersosialisasi dengan baik kepada semua
orang di lingkungannya.
·
Annisa Tri Handayani
Merupakan seseorang yang rajin dan pintar dan juga bisa diandalkan terhadap segala situasi yang ada, selain itu kepribadiannya yang ramah serta dapat dipercaya juga mampu menjadi magnet tersendiri agar semua orang menyukainya
Merupakan seseorang yang rajin dan pintar dan juga bisa diandalkan terhadap segala situasi yang ada, selain itu kepribadiannya yang ramah serta dapat dipercaya juga mampu menjadi magnet tersendiri agar semua orang menyukainya
·
Citra Dewi Riska
Merupakan
seseorang yang selalu membantu sesama disaat kesulitan, selain itu dalam
menghadapi masalah selalu tenang dan bisa menyelesaikannya dengan baik tanpa
basa-basi dan juga tidak mudah menyerah.
·
Ihsan Dwi Nugraha
Merupakan seseorang yang selalu membawa kebahagiaan kepada teman-temannya sehingga menjadi pribadi yang mudah diajak berteman, selain itu juga merupakan pribadi yang selalu berusaha yang terbaik untuk menyelesaikan pekerjaannya dan tidak pernah mengecewakan teman-temannya.
Merupakan seseorang yang selalu membawa kebahagiaan kepada teman-temannya sehingga menjadi pribadi yang mudah diajak berteman, selain itu juga merupakan pribadi yang selalu berusaha yang terbaik untuk menyelesaikan pekerjaannya dan tidak pernah mengecewakan teman-temannya.
·
Rahmat Ardi Prastyo
Merupakan seseorang yang kreatif dan teliti dalam menelaah situasi dan masalah yang ada, selalu ramah dan tidak gampang emosi dalam pergaulan sehingga semua orang menyukainya. Dan mampu menjadikan kekurangannya menjadi kelebihannya dalam segala situasi.
Merupakan seseorang yang kreatif dan teliti dalam menelaah situasi dan masalah yang ada, selalu ramah dan tidak gampang emosi dalam pergaulan sehingga semua orang menyukainya. Dan mampu menjadikan kekurangannya menjadi kelebihannya dalam segala situasi.
B.
Peluang yang dapat diraih
Peluang yang
dapat diraih juga kembali dari aspek kepribadian masing-masing karena peluang
selalu ada bagi orang yang mau mencarinya dan berusaha sebaik mungkin
C.
Kebutuhan dan keinginan konsumen
Kebutuhan konsumen
disini difokuskan pada produk tas dan dompet dengan harga yang miring, dan
transaksi dilakukan secara online sehingga proses menjadi cepat dan murah.
D.
Lingkungan yang dihadapi
Area kami melingkupi orang-orang yang mampu mengakses internet dan dapat mengunjungi situs berbelanja online kami dengan demikian orang-orang bisa berbelanja dan bertransaksi dengan kami secara mudah, cepat, dan juga murah.
Area kami melingkupi orang-orang yang mampu mengakses internet dan dapat mengunjungi situs berbelanja online kami dengan demikian orang-orang bisa berbelanja dan bertransaksi dengan kami secara mudah, cepat, dan juga murah.
E. Situasi
persaingan
Melihat
semakin maraknya perusahaan dengan situs-situs berbelanja online menjadikan usaha
ini menjadi semakin ketat, tetapi kita dapat mengatasinya dengan
menyelenggarakn promo-promo dan pengeluaran produk baru yang dapat menarik
minat pembeli sehingga perusahaan ini dapat bersaing secara sehat dengan yang
lain.
F. Dukungan
dan tren kebijakan pemerintah
Pemerintah
saat ini melalu Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) menggalakkan
pendukungan usaha-usaha baru agar angka pengganguran semakin kecil, dengan
demikian dukungan dan kebijakan pastinya sangatlah mendukung perusahaan ini yang
dapat menyerap tenaga kerja ahli sehingga angka pengganguran semakin menurun.
- Tahapan
pengembangan usaha
A.
Penetapan strategi E-Biz
· Mengidentifikasi internet benefit
Bagaimana website akan memberikan keunggulan pada produk dan layanan melalui feature pada web sebagai baian dari produk dan layanan. Serta menggunakan web untuk meningkatkan keunggulan yang sudah ada
·
Menentukan model pendapatan
Direct sales :
pendapatan akan datang langsung dari penjualan produk/layanan
Indirect sales
: pendapatan akan datang tidak langsung dari site content melalui penjualan
space iklan
Licensing/selling
content : pendapatan akan datang dari
lisensi/penjualan content ke site lain
·
Penetapan tujuan dan objektivitas e-biz
·
Pencarian ide untuk website
·
Membuat pre-eliminary project plan
·
Kejelasan titik awal dan akhir
·
Menetapkan sumber2 penting
·
Menetapkan jangka waktu
·
Menetapkan anggaran
B.
Perencanaan Website yang Representatif
·
Memilih technical resource
Apakah akan
membangun web sendiri atau menyewa pihak lain. Perhatikan juga keunggulan dan
kekurangannya.
·
Membuat sebuah sitemap
Memberikan
gambaran bagaimana site akan disusun skema navigasi site akan memudahkan bagi
pengunjung site untuk berkeliling
·
Pemantapan tampilan website
·
Membangun fungsionalitas teknis pada website
Form fields,
gateway programs, database programs, teknologi secure server, cookies
·
Membuat rencana pemeliharaan website
·
Perluasan dan update isi serta menarik
pengunjung ke website
C.
Pembuatan Website
·
Rencana isi/content
·
Membuat home page
Kesan pertama
yang menggoda, content site yang jelas, cepat dan mudah
·
Merubah content yang ada dan pengadaan content
yang diperlukan
Penulisan
HTML secara benar, kalimat pendek dan mudah dipahami, pemilihan karakter yang
tepat
·
Mengintegrasikan e-biz
Desain
produk, marketing dan promosi, penjualan, akuntansi dan control inventory,
customer service
D.
Promosi e-biz
·
Memilih dan mendaftarkan nama domain
Ektensi
brand, ekspresi layanan, unique identifier
·
Rencana promosi
Search
engine, link, internet advertising, email, e-press release, artikel e-zine
E.
Respon Terhadap Feedback yang Masuk
·
Rencana follow up customer support
Email us, call
us, dan follow Facebook, Twitter, dan Instagram
·
Pemeliharaan website
Menjaga agar
content website selalu baru dan menarik, memastikan isi site benar benar
akurat, melacak aliran pengunjung, dan memastikan semua link aktif
·
Penelusuran pengguna site
Menggunakan
site tracking tools
F.
Struktur Organisasi
Direktur Utama :
Ardian Fikri
Kepala
Keuangan dan Administrasi : Annisa Tri
Handayani
Teknisi dan
Development Web : Ihsan Dwi
Nugraha
Customer
Service 1 :
Citra Dewi Riska
Customer
Sevice 2 :
Rahmat Ardi Prastyo
- Sumber
ide usaha
Ide dari usaha
ini karena kami ingin mengembangkan sebuah perusahaan berbasis E-Commerce yang
dapat menjadi acuan bagi kostumer agar bisa berbelanja melalui kami tanpa harus
direpotkan mengunjungi toko atau tempat penjualan tas dan dompet sehingga
kostumer hanya perlu memilih produk yang diinginkan lalu bayar secara online
melalui rekening yang sudah kami sediakan dan kostumer hanya perlu menunggu
barang sampai ke tempat tujuan.
- Faktor-faktor
utama sebelum memulai usaha
·
Faktor kelayakan pasar
Dalam
memberikan layanan jasa, kualitas produk dan layanan yang cepat dan baik adalah
segalanya karena hal itu merupakan suatu aspek yang sangat penting, karenanya
akan membedakan kita dengan yang lainnya, kualitas produk serta layanan yang
baik akan mendatangkan konsumen yang banyak dan mendatangkan kepuasan sendiri
bagi para konsumen sehingga mereka percaya dan mau membeli produk kami lagi.
·
Faktor kesukaan
Walaupun produk
kami sangat berkualitas masalah subjektivitas dan selera adalah hal yang sering
dijadikan bahan pemikiran kami dengan demikian pelayanan yang baik adalah salah
satu kebutuhan yang sangat diperlukan sehingga kostumer dapat dengan bijak
memilih produk yang diinginkan.
·
Faktor keahlian
Kualitas
bukan hanya terlihat dari produk kami melainkan juga dari kemampuan pelayanan yang
kami berikan sehingga kostumer puas dan senang.
·
Faktor dana
Dana adalah
suatu hal yang merupakan basic dari perusahaan, tanpa dana perusahaan tidak
akan terbangun dan berjalan. Dalam hal ini kami juga menemukan kesulitan dalam
pencarian dana karena usaha kami terbilang membutuhkan dana yang besar.
·
Faktor bahan baku
Bahan baku
produk yang kami gunakan adalah kulit impor dengan kualitas yang terjamin serta
kami juga bekerja sama dengan produsen tas dan dompet yang lain untuk bekerja
sama dengan kami dalam usaha ini.
·
Faktor sumber daya manusia
Sumber daya
manusia kami sangat mementingkan kualitas pelayanan dan produk yang dihasilkan
tanpa melihat latar belakang masing-masing.
·
Faktor kepribadian
Faktor
kepribadian adalah sesuatu yang sangat penting dan tidak bisa dipungkiri
menjadi elemen dasar suatu perusahaan, tidak terkecuali dengan perusahaan kami
karena kami memiliki masing-masing personalitas yang berbeda-beda tetapi kami
bersikap profesional dalam menghadapi itu semua dan memetingkan layanan dan
produk yang kami hasilkan dapat memuaskan kostumer.
Nama Anggota
Kelompok :
-Annisa Tri
Handayani (50411977)
-Ardian
Fikri (51411053)
-Citra Dewi
Riska (51411672)
-Ihsan Dwi
Nugraha (53411447)
-Rahmat Ardi
Prasetyo (58411226)
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda