Senin, 13 Januari 2014

 BAB IV
CONTOH PENGGUNAAN TOOLS

Dalam bab ini kita akan membahas bagaimana caranya memisahkan komponen warna RGB (Red, Green, Blue) pada Adobe Photoshop berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Langkah 1

Bukalah sebuah foto dengan Photoshop. Silahkan pakai foto sendiri ataupun import image apa saja, asalkan foto berwarna dan mode warnanya RGB, untuk mengubah format foto menjadi RGB pada menu bar klik Image -> Mode -> RGB Color. Pada tutorial ini saya gunakan foto berikut ini.


  • Langkah 2
Buat sebuah layer baru dengan cara mengeklik icon New layer di panel layer. Berikut tampilannya :


  • Langkah 3
Isilah layer ini dengan warna merah. Caranya dengan memilih menu Edit > Fill atau Shift+F5. 


Kemudian pada bagian Use pilihlah Color, Saat muncul kotak dialog untuk memilih warna,
pilihlah warna merah seperti gambar berikut ini:


Warna merah berarti pada bagian R=255; G=0; B=0 / kode warnanya #ff0000. Klik OK jika sudah memilih warna merah. Klik OK juga pada kotak dialog Fill untuk menerapkan warna.

  • Langkah 4
Kemudian pada panel layer, ubahlah Blending Option menjadi Multiply.


  • Langkah 5
Buatlah sebuah hue/saturation menggunakan Adjustment Layer. Cara untuk membuat Adjustment Layer ini bisa dengan memilih Layer > New Adjustment Layer > Hue/Saturation. Bisa juga dengan mengeklik icon-nya di panel layer.


 Pengaturan adjustment layernya seperti berikut ini :


Pilihlah komponen warna Red, kemudian ubahlah Lightness hingga maksimal. Yang lainnya tidak perlu diatur, cukup Lightness-nya saja. Kemudian akan di dapat gambar seperti berikut ini :


  • Langkah 6
Buat sebuah layer baru lagi.


Kemudian tekan tombol Ctrl+Alt+Shift+E untuk menyatukan semua layer yang nampak pada layer baru tersebut. Kalau jari Anda tidak muat menekan keempat tombol tersebut, bisa juga dengan menekan dan tahan tombol Alt sambil memilih menu Layer > Merge Visible.

Setelah semua layer tergabung, gantilah nama layernya menjadi Red atau apa saja.


Catatan:

Jika Anda bermaksud menyimpan komponen warna merah ini dalam file lain, maka pada langkah ke-6 tersebut diatas tidak perlu membuat layer baru. Langsung saja pilih Layer > Flatten Image dan simpan file-nya dengan nama Red atau apa saja.

  • Langkah 7
Karena kita sudah selesai memisahkan komponen warna merah, maka layer yang berwarna merah dan adjustment layer sudah tidak diperlukan lagi. Silahkan digeser kedua layer tersebut ke icon Delete layer(gambar tempat sampah).

  • Langkah 8
Ulangilah langkah ke-3 hingga ke-7. Langkahnya sama semua, hanya berbeda pada saat memilih warna yang akan diisikan pada langkah ke-3. Karena sekarang kita ingin memisahkan warna Green, maka pilihlah warna hijau pada langkah tersebut. Hijau: R=0; G=255; B=0 / kode warna #00ff00. Pada langkah ke-5 saat menggunakan adjustment layer, pilihlah komponen warna Green yang diubah Lightness-nya.


Dengan metode yang sama, ulangilah lagi untuk warna Blue. Biru adalah: R=0; G=0; B=255 / kode warna #0000ff.


Gambar berikut ini adalah ketiga komponen warna tersebut yang ditampilkan dalam 1 file.


  • RED :

ยท         BLUE :


  • GREEN :

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda